4 Rahasia Manfaat dan Khasiat Daun Pandan Secara Ilmiah

Manfaat dan khasiat daun pandan secara ilmiah ternyata sangat luar biasa sekali. Pandan wangi yang memiliki nama ilmiah Pandanus amaryllifolius memiliki rahasia kegunaan yang bisa jadi belum banyak orang tahu. Tulisan idesehat.com kali ini akan mencoba menguak manfaat dan khasiat daun pandan, kandungan di dalamnya, serta bagian lainnya sebagai bentuk apresiasi terhadap tumbuhan asli Indonesia.

Selain itu juga untuk menumbuhkan rasa semangat dalam usaha menjaga kelestariannya dalam penunjang kesejahteraan umat manusia serta untuk kehidupan yang lebih baik. Pandan memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan.

Pandan wangi (Pandanus amaryllifolius) merupakan tumbuhan asli Indonesia. Pandan wangi berasal dari Maluku, yang merupakan satu-satunya tempat diketahuinya spesimen pandan wangi yang berbunga (Setyowati dan Siemonsma, 1999). Pandanus amaryllifolius adalah satu-satunya spesies pandan dengan daun beraroma harum. Tumbuhan ini di sekitar Asia tenggara banyak digunakan pada masakan untuk menghasilkan aroma dan warna (klorofil) pada nasi (sebagai pengganti varietas beras wangi yang mahal), permen, jeli dan makanan lainnya (Setyowati dan Siemonsma, 1999).

 manfaat pandan, bolu pandan, manfaat pandan wangi, klasifikasi pandan, kandungan pandan, pandan batu, cara menanam pandan, nama latin pandan, manfaat pandan untuk kecantikan, manfaat pandan untuk kulit, manfaat pandan laut, manfaat pandan wangi untuk rambut, manfaat pandan wangi bagi kesehatan, manfaat pandan wangi untuk kecantikan, manfaat pandan wangi untuk kesehatan, manfaat pandan wangi untuk pengobatan, khasiat pandan wangi, beras pandan wangi, tanaman pandan wangi

Pandan wangi (sumber: wikipedia[dot]org)

Manfaat dan Khasiat Daun Pandan Sebagai Pemberi Aroma Khas

Wangi pada pandan adalah karena mengandung senyawa 2-acetyl-1-pyrroline yang juga ditemukan pada banyak kultivar beras wangi lainnya (Buttery dkk., 1983), dan juga terkandung pada beras wangi Thailand Khao Dawk Mali 105 (Laksanalamai dan Ilangantileke, 1993). Pandan juga digunakan sebagai pemberi aroma wangi pada beras biasa, yaitu ikatan daun pandan dicuci kemudian dimasukkan pada beras saat ditanak. Selain itu pandan juga banyak digunakan sebagai pemberi aroma pada berbagai jenis makanan.

Manfaat dan Khasiat Daun Pandan Sebagai Pereda Rematik dan Ketegangan

Setyowati dan Siemonsma (1999) mencatat bahwa daun pandan wangi yang direndam pada minyak kelapa, minyaknya dapat digunakan sebagai minyak oles untuk gejala rematik. Selain itu, ekstrak rendaman daun pandan digunakan secara internal dan eksternal sebagai pereda ketegangan (restlessness).

Manfaat dan Khasiat Pandan Untuk Terapi Diabet (Kencing Manis)

Setyowati dan Siemonsma (1999) menyebutkan bahwa di Thailand Pandan Wangi digunakan secara tradisional untuk terapi diabetes (kencing manis). Lebih lanjut lagi Peungvicha dkk. (1998) malaporkan bahwa 4-hydroxybenzoic acid yang diisolasi dari bagian akar Pandan Wangi menunjukkan efek hypoglycaemic pada tikus normal (pemberian secara oral 5 mg/kg) dan meningkatkan level insulin serum dan kandungan glycogen pada liver.

Berkaitan dengan manfaat dan khasiat pandan wangi untuk terapi diabetes telah dibahas secara luas pada artikel idesehat.com yang berjudul Manfaat Khasiat Daun dan Akar Pandan Wangi Untuk Diabetes Secara Ilmiah.

Manfaat dan Khasiat Daun Pandan Sebagai Antivirus

Tidak disangka ternyata daun pandan juga memiliki khasiat sebagai antivirus. Kandungan senyawa yang bernama pandanin yang terdapat pada daun pandan mempunyai aktivitas antivirus terhadap virus pada manusia, yaitu herpes simplex virus type-1 (HSV-1) dan influenza virus (H1N1) (Ooi dkk., 2004). Benar-benar di luar dugaan, tumbuhan yang daunnya sering digunakan sebagai pemberi aroma pada makanan ini memiliki kemampuan sebagagai antivirus.

Demikian tadi telah diulas secara ringkas mengenai manfaat dan khasiat daun pandan berdasarkan penelitian-penelitian yang telah dilakukan. Tentunya penelitian-penelitian lain untuk mengulas manfaat dan khasiat daun pandan secara ilmiah untuk kesehatan maupun untuk bidang lainnya terus dilakukan. Usaha-usaha penelitian ini kesemuanya bertujuan untuk mengungkap fakta-fakta pada pandan yang belum terungkap dan masih menjadi misteri.

Selain penelitian-penelitian untuk mengungkap manfaat dan khasiat pandan, maka proses pelestarian pandan juga harus terus dilakukan. Pelestarian pandan ini bisa dilakukan pada habitat alaminya (in situ) maupun juga di luar habitat alaminya (ex situ) seperti di kebun raya. Semoga tulisan ini bisa memberikan sedikit pengetahuan kepada kita semua mengenai pandan. Salam hangat untuk anda dari idesehat.com, semoga hari-hari anda selalu dalam kondisi sehat dan penuh vitalitas.