8 Manfaat dan Khasiat Jeruk Purut Secara Ilmiah

Manfaat dan khasiat jeruk purut memang tidak diragukan lagi. Sejak zaman dahulu sampai sekarang jeruk purut terus dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia. Tanaman dengan nama ilmiah Citrus hystrix ini banyak sekali dimanfaatkan oleh masyarakat Asia Tenggara sebagai rempah bahan bumbu penyedap masakan serta juga digunakan sebagai campuran jamu.

Jeruk purut memiliki distribusi di kepulauan hindia timur, Sri Lanka, Burma, Semenanjung Malaysia, Filipina, secara luas ternaturalisasi, habitat aslinya tidak diketahui secara pasti (Webber dan Batchelor, 1943).

Dalam catatan Bonavia (1886), Jeruk purut sampai ke Sri Lanka dibawa oleh orang-orang Belanda dan pelayan-pelayan Malaya mereka yang menggunakannya untuk mencuci rambut, selanjutnya suku asli Sri Lanka (Cinghalese) menemukan khasiat jeruk purut sebagai penawar lintah darat (land leeches, Jawa: pacet).

1. Khasiat Jeruk Purut Sebagai Aroma Terapi

Minyak esensial jeruk purut berpotensi memiliki efek stimulasi/aktivasi. Hasil penelitian Hongratanaworakit dan Buchbauer (2007) menunjukkan bahwa orang yang diberi olesan minyak esensial jeruk purut merasakan lebih waspada (alert), penuh perhatian (attentive), gembira (cheerful ) dan vigorous (bertenaga). Hal tersebut menunjukkan bahwa minyak esensial jeruk purut terbukti ampuh digunakan dalam aromaterapi. Serta memberikan efek dalam mengurangi depresi dan stres pada manusia.

 perbedaan jeruk nipis dan jeruk purut, manfaat jeruk purut untuk wajah, jeruk purut untuk pleci, budidaya jeruk purut, khasiat jeruk purut, tanaman jeruk purut, bibit jeruk purut

2. Khasiat Jeruk Purut Sebagai Antioksidan

Jeruk purut juga merupakan sumber antioksidan alami yang potensial (Jamilah dkk., 1998). Dibanding antioksidan sintetis, anti oksidan alami mempunyai kelebihan lebih aman dari sisi kesehatan dan tersedia secara melimpah. Saat ini anti oksidan alami lebih banyak dipilih oleh masyarakat karena keamanannya dan minim efek samping.

3. Khasiat Jeruk Purut Sebagai Antibakteri

Jeruk purut juga memiliki potensi sebagai anti bakteri Escherichia coli, Bacillus subtilis, dan Staphylococcus aureus (Ng dkk., 2011), dan juga bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat (Lertsatitthanakorn dkk., 2006). Penelitian Nanasombat dan Lohasupthawee (2005) juga mengungkap bahwa jeruk purut mempunyai aktivitas anti bakteri terhadap beberapa serotip Salmonella, Citrobacter freundii, Enterobacter aerogenes, Escherichia coli, Klebsiella pneumoniae, dan Serratia marcescens.

Pembahasan lebih lanjut mengenai khasiat jeruk purut sebagai antibakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat serta khasiat jeruk purut dalam penyembuhan bekas jerawat dibahas di tulisan idesehat.com yang berjudul Khasiat Jeruk Purut Untuk Jerawat Secara Ilmiah

4. Khasiat Jeruk Purut Sebagai Anti Jamur

Jeruk purut memiliki kemampuan anti jamur terhadap Aspergillus fumigatus, Candida albicans, Cryptococcus neoformans, Saccharomyces cerevisiae, Trichophyton mentagrophytes var. interdigitale (Waikedre dkk., 2010).

5. Khasiat Jeruk Purut Sebagai Anti Ketombe

Jeruk purut juga berpotensi sebagai bahan sampo anti ketombe, karena mampu menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans yang merupakan mikroorganisme yang diasosiasikan dengan adanya ketombe di kulit kepala (Foo-trakul dan Watchiradatsatiean, 2005). Penggunaan jeruk purut untuk mencuci rambut (keramas) juga telah lama digunakan sejak zaman dahulu (Bonavia, 1886).

Pembahasan jeruk purut sebagai anti ketombe bisa anda baca lebih lanjut pada tulisan kami yang berjudul Rahasia Manfaat Jeruk Purut Untuk Rambut Secara Ilmiah

6. Khasiat Jeruk Purut Sebagai Anti Virus

Jeruk purut ternyata mempunyai aktivitas anti virus terhadap Herpes Simplex Virus type 1 (HSV-1) (Fortin dkk., 2002). Hal ini menarik sekali, karena siapa sangka tumbuhan yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan di dapur ternyata memiliki kemampuan sebagai anti virus.

7. Khasiat Jeruk Purut Sebagai Penolak Nyamuk

Jeruk purut mempunyai potensi sebagai pengusir nyamuk (repellant) (Tawatsin dkk., 2001). Dalam penelitiannya, Tawatsin dkk. menguji khasiat jeruk purut sebagai penolak nyamuk Aedes aegypti, Anopheles dirus and Culex quinquefasciatus. Penggunaan bahan-bahan alami untuk digunakan sebagai bahan penolak/pengusir nyamuk akan lebih memberikan perlindungan dari bahaya efek samping yang ditimbulkan oleh bahan kimia sintetis buatan.

8. Khasiat Jeruk Purut Sebagai Pembasmi Serangga (Larvicidal, Insecticidal)

Jeruk purut juga mempunyai khasiat dalam membasmi larva nyamuk Aedes aegypti (Sutthanont dkk., 2010). Selain itu jeruk purut juga mempunyai potensi sebagai pembasmi serangga Spodoptera litura (Loh dkk., 2011). Penggunaan bahan alami seperti Jeruk purut akan lebih ramah terhadap lingkungan dan lebih aman bagi manusia. Hal ini karena penggunaan jeruk purut atau bahan dari tumbuhan lain yang dapat dimakan (edible) akan memberikan rasa tenang dari ancaman keracunan. Selain itu bahan-bahan alami tersebut akan lebih mudah untuk diuraikan kembali melalui proses biodegradasi sehingga tidak menyisakan residu yang berbahaya.

Demikianlah telah diuraikan mengenai khasiat jeruk purut. Semoga setelah membaca uraian di atas maka akan semakin tinggi pula apresiasi kita semua terhadap tumbuhan asli Indonesia ini. Selain itu juga semoga bisa memberikan inspirasi dalam mengembangkan lagi penelitian-penelitian lebih lanjut tentang manfaat lain jeruk purut. Yang tidak kalah pentingnya adalah juga perlu dilakukan konservasi sumberdaya hayati jeruk purut. Demikianlah artikel yang disajikan idesehat.com, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua.