Khasiat Jeruk Purut Untuk Jerawat Secara Ilmiah

Jeruk purut yang juga memiliki nama ilmiah Citrus hystrix memiliki segudang manfaat dan khasiat yang tidak bisa diremehkan. Berbagai macam penelitian telah dilakukan untuk mengungkap khasiat jeruk purut. Salah satu penelitian tersebut juga berusaha mengungkap khasiat jeruk purut untuk jerawat. Penelitian-penelitian seperti ini sangat penting karena berusaha mendapatkan manfaat dari tumbuhan asli Indonesia sebagai tanaman obat keluarga seperti juruk purut ini. Satu lagi tumbuhan yang telah dibahas manfaat dan khasiatnya untuk terapi jerawat adalah temulawak seperti yang telah dibahas pada artikel idesehat.com yang berjudul Potensi Temulawak Cream Untuk Pemutih Wajah dan Penghilang Jerawat.

Dengan mengetahui manfaat dari suatu tumbuhan maka penghargaan dan apresiasi terhadap tumbuhan tersebut akan semakin meningkat. Semakin meningkat penghargaan dan apresiasi terhadap suatu tumbuhan maka akan semakin banyak usaha untuk menyelamatkan tumbuhan tersebut dari kepunahan. Serta tentu saja manusia mendapatkan manfaat dari tumbuhan tersebut. Hal ini terutama berkaitan dengan manfaat jeruk purut untuk wajah.

Bakteri Propionibacterium acnes memiliki peran penting dalam proses terbentuknya jerawat. Bakteri tersebut mengubah minyak-minyak sebum menjadi asam lemak bebas yang menyebabkan terjadinya radang. Oleh karena itu secara umum menurut Lertsatitthanakorn dkk. (2006) bahwa senyawa yang digunakan untuk menyembuhkan jerawat (juga disebut acne vulgaris) hendaknya mampu mencegah pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes, mengurangi lemak-lemak pro-inflammatory di dalam sebum, dan juga mampu mengurangi terbentuknya bekas jerawat (post-acne scar) pada kulit.

jeruk purut untuk jerawat, manfaat jeruk purut untuk wajah, khasiat jeruk purut, khasiat tenaman jeruk purut, manfaat jeruk purut untuk pria

Dengan demikian, senyawa untuk menyembuhkan jerawat tersebut harus memiliki kemampuan antibakteri (terutama antibakteri Propionibacterium acnes), anti-radang (anti-inflammatory), dan aktivitas antioksidan. Aktivitas antioksidan yang dimiliki senyawa tersebut berguna untuk menyembuhkan bekas luka hypertrophic dan terbentuknya formasi keloid serta menekan terbentuknya kolagen pada fibroblas pada bekas luka hypertrophic namun tidak menekan jaringan normal yang sehat, hal ini diungkapkan oleh Taniguchi dkk. (1995) pada paper ilmiah mereka yang diterbitkan di Journal of Dermatological Science.

Barangkali anda juga tertarik untuk menyimak tulisan idesehat.com lainnya yang berjudul 8 Manfaat dan Khasiat Jeruk Purut Secara Ilmiah

Penelitian jeruk purut untuk jerawat telah dilakukan yang salah satunya oleh Lertsatitthanakorn dkk. (2006) yang diterbitkan di jurnal The International Journal of Aromatherapy. Para peneliti tersebut melakukan uji terhadap minyak esensial jeruk purut dan minyak esensial beberapa tumbuhan lainnya. Uji yang dilakukan diantaranya yaitu uji disc diffusion, penentuan minimum inhibitory concentrations (MICs), aktivitas Free radical-scavenging (aktivitas antioksidan) dengan dilakukannya uji 2,2-diphenyl-1-picrylhydrazyl (DPPH) sebagai terapi cara menghilangkan bekas jerawat, dan penentuan aktivitas anti-radang (anti-inflammatory) melalui inhibisi 5-lipoxygenase (5-LOX).

Hasil Uji disc diffusion kerentanan bakteri Propionibacterium acnes terhadap minyak esensial jeruk purut oleh Lertsatitthanakorn dkk. (2006) pada konsentrasi 0,25% v/v, 0,50% v/v, 1,00% v/v, 2,00% v/v memiliki diameter zona inhibisi berturut-turut 11,5 ± 0,9 mm, 19,6 ± 0,6 mm, 25,0 ± 0,5 mm, 28,250 ± 0,2 mm. Uji kerentanan bakteri Propionibacterium acnes terhadap minyak esensial jeruk purut dengan metode broth microdilution didapat nilai MIC (Minimum Inhibitory Concentrations) 5,0 ml/ml dan nilai MBC (Minimum Bactericidal Concentrations) 5,0 ml/ml. Uji aktivitas free radical scavenging minyak esensial jeruk purut untuk mengetahui potensi antioksidan didapatkan nilai 41,7 ± 0,1 ml/ml pada IC50. Aktivitas anti-radang (anti-inflammatory) minyak esensial jeruk purut diukur dengan aktivitas inhibitory pada 5-Lipoxygenase (5-LOX) dengan nilai 0,05 ml/ml pada IC50.

Kami dari idesehat.com juga menulis artikel mengenai manfaat lain dari jeruk purut yaitu sebagai anti-ketombe karena kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans pada artikel yang berjudul Rahasia Manfaat Jeruk Purut Untuk Rambut Secara Ilmiah

Demikian tadi telah diulas khasiat jeruk purut untuk jerawat dengan menguji kerentanan bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat terhadap minyak esensial jeruk purut dengan metode disc diffusion serta dengan metode broth microdilution, uji aktivitas free radical scavenging minyak esensial jeruk purut, dan uji aktivitas anti-radang (anti-inflamatory) melalui jalur 5-Lipoxygenase (5-LOX).

Hal yang perlu diperhatikan lagi mengenai jeruk purut untuk jerawat adalah mengetahui keamanan penggunaan jeruk purut dengan melalui uji iritasi pada kulit sebelum penggunaan bagian-bagian organ tumbuhan jeruk purut. Selain itu juga perlu dilakukan penelitian-penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat kemujaraban jeruk purut misalnya untuk uji aktivitas anti-radang dengan menggunakan jalur lain selain jalur 5-Lipoxygenase (5-LOX), dan uji lebih lanjut jeruk purut dengan menggunakan metode-metode lainnya seperti in vivo dan juga uji klinis.

Cukup menarik apabila kita bisa menggunakan tumbuhan di sekitar kita sebagai obat untuk terapi penyakit. Memanfaatkan tumbuhan di sekitar kita akan menjadikan lebih mandiri dalam hal kesehatan. Hal ini karena tentunya sumber-sumber bahan untuk terapi kesehatan tersedia di sekitar kita. Lebih lanjut lagi bahwa penggunaan bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar kita tersebut tidak hanya mendasarkan pada tradisi secara turun-temurun, namun telah diteliti dan diuji secara ilmiah dan kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan.

Oleh karena itulah penelitian-penelitian pengungkapan khasiat jeruk purut untuk jerawat seperti yang telah dijabarkan di atas sangat perlu diapresiasi. Selain itu juga sebagai sarana untuk dikembangkan lebih lanjut penelitian-penelitian mengenainya supaya didapatkan data yang lebih komprehensif untuk menunjang pemanfaatan jeruk purut secara lebih optimal lagi. Terimakasih sudah berkunjung ke idesehat.com dan semoga anda selalu diberi kelimpahan kesehatan serta kesuksesan dalam setiap aktivitas anda.