Manfaat dan Khasiat Kunyit Secara Ilmiah

Manfaat dan khasiat kunyit sejak dahulu kala hingga sekarang sudah diakui keampuhannya. Kunyit merupakan salah satu tanaman yang banyak dikenal oleh kebanyakan orang. Tanaman kunyit yang mempunyai nama ilmiah Curcuma longa L. ini secara umum telah banyak digunakan oleh msyarakat untuk bumbu masakan maupun untuk bahan jamu. Banyak sekali resep-resep masakan yang menggunakan kunyit sebagai salah satu bumbunya.

Bahkan hampir semua masakan negara-negara di kawasan Asia mengggunakan kunyit sebagai salah satu bumbunya di samping bumbu-bumbu lainnya. Kunyit banyak digunakan sebagai bumbu pada kuliner gulai, kare dan berbagai macam jenis olahan makanan lainnya. Selain itu berbagai jenis jamu tradisional juga menggunakan kunyit sebagai bahan dasar yang diramu dengan bahan-bahan herbal lainnya. Kunyit merupakan tanaman yang tak asing lagi bagi masyarakat Asia.

Manfaat dan Khasiat Kunyit Berdasarkan Buku Prosea

Buku Prosea (Plant Resources of South-East Asia No. 13) menyebutkan berbagai macam manfaat dan khasiat kunyit yaitu untuk hal-hal yang berkaitan dengan pengoptimalan fungsi perut (stomachic), seperti meningkatkan nafsu makan, menstimulasi pencernaan, dan lain sebagainya (tambahan keterangan dari penulis). Kunyit juga digunakan sebagai obat penguat (tonic) dan sebagai pembersih darah. Kunyit dicampur dengan susu hangat digunakan untuk meredakan pilek/meriang. Rimpang segar kunyit yang telah diremukkan digunakan untuk merawat berbagai macam infeksi kulit, sedangkan rebusannya efektif digunakan untuk melawan radang pada mata.

Masih menurut buku Prosea, penelitian-penelitian mutakhir telah berhasil menunjukkan aktivitas pharmaceutical zat-zat yang dikandung kunyit untuk melawan kanker, dermatitis (radang/infeksi kulit), AIDS, radang, tingkat kolesterol yang tinggi, dan kondisi dyspeptic. Kunyit juga memiliki kemampuan sebagai insektisida, fungisida dan nematisida.

manfaat kunyit, kegunaan kunyit, manfaat dan khasiat kunyit

kunyit (Oleh Franz Eugen Köhler, Köhler’s Medizinal-Pflanzen dalam wikipedia.org)

Manfaat dan Khasiat Kunyit Berdasarkan Buku Inventaris Tanaman Obat Indonesia I

Manfaat dan khasiat kunyit yang dijabarkan oleh buku tersebut adalah untuk sebagai pengurang demam, mengurangi gejala mencret, meredakan sesak nafas, sebagai pengurang radang hidung serta untuk penurun panas. Cara meramu kunyit untuk mengurangi gejala demam adalah dengan mencuci kurang lebih 20 gram rimpang kunyit kemudian diparut dan diberi setengah gelas air matang lalu diperas. Hasil perasan diminum sebanyak dua kali sehari dengan dosis yang diminum sama banyaknya antara pagi dan sore. Masih menurut buku tersebut, rimpang kunyit memiliki kandungan flavonoida, polifenol, saponin dan minyak atsiri.

Penelitian-penelitian tentang Manfaat dan Khasiat Kunyit

Menurut Itokawa dkk. (2008), curcuminoids merupakan komponen utama yang terkandung dalam spesies-spesies Curcuma (kunyit-kunyitan), dan pada anggota curcuminoids ini mempunyai kesamaan pada struktur unsaturated alkyl-linked biphenyl dan mereka inilah yang memberikan efek farmakalologi. Macam-macam curcuminoids yang ada pada kunyit yang paling banyak adalah curcumin, bis-demethoxycurcumin dan demethoxycurcumin. Di antara curcuminoids tersebut, curcumin paling banyak diteliti dan menunjukkan aktivitas biologi yang luas.

Artikel review ilmiah Itokawa dkk. (2008) menyatakan bahwa analog bioaktif sintetis curcumin yang dikembangkan dari senyawa alami dengan kajian structure-activity relationship (SAR) dan optimasi senyawa sebagai kandidat obat mempunya potensi sebagai anti radang (anti-inflamatory), anti oksidan, anti-HIV, chemopreventive dan anti-kanker (kanker prostat).

Demikianlah sekilas pembahasan mengenai potensi serta manfaat dan khasiat kunyit. Setelah mengetahui ini semua maka semoga akan membuat kita akan semakin menghargai tumbuhan kunyit sebagai salah satu tanaman yang berkhasiat obat. Selain itu hal ini juga bisa meningkatkan apresiasi kita terhadap jenis-jenis jamu dan ramuan-ramuan tradisional lainnya.

Terkadang seseorang itu memang menganggap sebelah mata sesuatu karena belum mengetahui manfaatnya secara langsung. Setelah mengetahui khasiat dan manfaat suatu tumbuhan maka seseorang akan lebih menghargai tumbuhan tersebut. Terimakasih sudah mengunjungi idesehat.com, dan semoga anda selalu dalam kondisi yang bugar dan sahat.