Manfaat dan Khasiat Sirih Secara Ilmiah

Manfaat dan khasiat sirih memang telah diakui banyak kalangan. Sirih sendiri banyak digunakan terutama untuk bahan kunyahan baik itu dikunyah berupa daun sendiri maupun dengan campuran bahan-bahan lainnya yang telah turun-temurun dari generasi-kegenerasi menjadi suatu tradisi. Berbagai macam varietas kultivar sirih juga telah dikembangkan dan diinventarisasi sebagai suatu jenis kekayaan keanekaragaman hayati yang perlu terus dipertahankan kelestariannya dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia seoptimal mungkin dengan tetap menjaga nya dari ancaman kepunahan.

Sebagai contoh, Institut Penelitian Botani Nasional (National Botanic Research Institute) India, memiliki koleksi plasma nutfah sirih sebanyak 85 aksesi (Prosea, 2000). Banyaknya keberagaman berbagai macam kultivar sirih merupakan kekayaan yang sangat bernilai harganya bagi umat manusia.

Manfaat dan Khasiat Sirih berdasarkan buku Inventaris Tanaman Obat Indonesia I

Di antara yang mengungkapkan manfaat dan khasiat sirih yang penulis telusuri adalah buku Inventaris Tanaman Obat Indonesia I, oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (2000) menyatakan bahwa dauh sirih mempunyai khasiat untuk obat hidung yang berdarah, sebagai obat penyembuh bisul, sebagai obat batuk, obat pereda sariawan dan obat ketika sakit mata.

Lebih lanjut lagi dalam buku ini disebutkan bahwa untuk mengobati hidung yang berdarah maka dua lembar daun sirih segar dicuci sampai bersih lalu digulung dan selanjutnya dimasukkan ke dalam lubang hidung. Masih menurut buku ini, daun sirih mengandung saponin, minyak atsiri, polifenol, dan flavonoida.

manfaat dan khasiat sirih, manfaat sirih, khasiat sirih, manfaat sirih untuk mata

sirih (wikipedia)

Manfaat dan Khasiat Sirih berdasarkan buku Plant Resources of South-East Asia

Lebih jauh lagi, masih berkaitan dengan manfaat dan khasiat sirih pada buku Plant Resources of South-East Asia No. 16 menuliskan bahwa daun, akar dan biji sirih kesemuanya digunakan untuk keperluan pengobatan di Asia. Menurut buku tersebut, daun sirih digunakan sebagai antiseptis dan diaplikasikan ke luka, bisul dan memar. Daun sirih yang dipanaskan diaplikasikan pada dada untuk menyembuhkan batuk dan asma dan diaplikasikan di atas perut untuk mengurangi konstipasi. Daun sirih juga digunakan untuk mengatasi hidung berdarah, borok yang ada di hidung.

Daun sirih yang direbus digunakan untuk mandi wanita yang baru melahirkan atau diminum untuk mengurangi bau badan yang tidak enak. Daun sirih dianggap mempunyai kandungan penghambat tumor. Ekstrak daun dan minyak esensial sirih mempunyai aktivitas anti bakteri dan anti jamur. Anti jamur pada sirih dihubungkan dengan adanya eugenol. Minyak esensial sirih juga menunjukkan aktivitas anthelmintic (anti cacing) pada cacing pita dan cacing tambang.

Demikianlah manfaat dan khasiat sirih yang telah dibahas. Sirih memiliki manfaat yang banyak sekali terutama manfaat dan khasiat dibidang kesehatan. Oleh karena itulah pemanfaatan sirih di bidang kesehatan sudah sepatutnya digalakkan. Sirih dijadikan sebagai salah satu tanaman wajib yang ada dalam daftar tanaman obat keluarga yang bisa ditanam di pekarangan rumah atau bila pekarangan sempit maka bisa ditanam di pot atau di polibag.

Dengan memiliki tanaman sirih di kebun tanaman obat keluarga maka kita tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya ketika sirih diperlukan setiap saat. Tanaman sirih juga bisa memberikan nilai estetika tersendiri sebagai pelengkap taman rumah. Bila seperti ini, maka tanaman sirih memberikan manfaat secara langsung berupa keindahan dan sewaktu-waktu dibutuhkan bisa segera diambil langsung dari taman atau dari kebun.

Sudah selayaknyalah tanaman sirih diapresiasi sebaik mungkin. Tanaman sirih ternyata tidak hanya digunakan untuk kunyahan nenek-nenek dan kakek-kakek saja, namun ternyata tanaman sirih mengandung manfaat dan khasiat yang tidak bisa dipandang sebelah mata.