Manfaat dan Khasiat Sirih Secara Ilmiah

Manfaat dan khasiat sirih memang telah diakui banyak kalangan. Sirih sendiri banyak digunakan terutama untuk bahan kunyahan baik itu dikunyah berupa daun sendiri maupun dengan campuran bahan-bahan lainnya yang telah turun-temurun dari generasi-kegenerasi menjadi suatu tradisi. Berbagai macam varietas kultivar sirih juga telah dikembangkan dan diinventarisasi sebagai suatu jenis kekayaan keanekaragaman hayati yang perlu terus dipertahankan kelestariannya dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia seoptimal mungkin dengan tetap menjaga nya dari ancaman kepunahan.

Sebagai contoh, Institut Penelitian Botani Nasional (National Botanic Research Institute) India, memiliki koleksi plasma nutfah sirih sebanyak 85 aksesi (Prosea, 2000). Banyaknya keberagaman berbagai macam kultivar sirih merupakan kekayaan yang sangat bernilai harganya bagi umat manusia.

Manfaat dan Khasiat Sirih berdasarkan buku Inventaris Tanaman Obat Indonesia I

Di antara yang mengungkapkan manfaat dan khasiat sirih yang penulis telusuri adalah buku Inventaris Tanaman Obat Indonesia I, oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (2000) menyatakan bahwa dauh sirih mempunyai khasiat untuk obat hidung yang berdarah, sebagai obat penyembuh bisul, sebagai obat batuk, obat pereda sariawan dan obat ketika sakit mata.

Lebih lanjut lagi dalam buku i