Penicillium camemberti: Peranan, Manfaat, dan Keamanannya di Bidang Kesehatan

Keju selama ini telah menjadi salah satu produk makanan olahan dari susu yang sudah terkenal ke seluruh penjuru bumi. Keju digemari oleh semua kalangan dan dikonsumsi secara langsung maupun diolah lagi sebagai bahan baku kue, roti, dan berbagai macam jenis masakan.

Keju selain menggunakan bahan baku utama susu, juga ada bahan lain yang membuat keju jenis tertentu memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan keju jenis lainnya. Salah satu jenis bahan tambahan tersebut adalah berupa jamur/fungi Penicillium camemberti.

peranan penicillium camemberti, manfaat penicillium camemberti, penicillium camemberti adalah, penicillium camemberti untuk, penicillium camemberti fungsi, penicillium camemberti untuk apa, penicillium camemberti berfungsi untuk, penicillium camemberti berperan, penicillium camemberti berperan dalam, penicillium camemberti digunakan untuk, penicillium camemberti dalam pembuatan keju, penicillium camemberti digunakan, penicillium camemberti menghasilkan, penicillium camemberti manfaat, mikroorganisme penicillium camemberti, makalah penicillium camemberti, morfologi penicillium camemberti, penicillium camemberti pengertian, produk penicillium camemberti, penggunaan penicillium camemberti, peranan penicillium camemberti, penicillium camemberti peranannya, penicillium camemberti dimanfaatkan untuk, penicillium camemberti dan penicillium roqueforti digunakan untuk membuat, penicillium camemberti untuk membuat, penicillium camemberti adalah jamur, gambar penicillium camemberti, guna penicillium camemberti, penicillium camemberti habitat

Gambar Penicillium camemberti beserta keterangan bagian-bagiannya (dari buku A text-book of mycology and plant pathology oleh John William Harshberger)

Manfaat Penicillium camemberti bagi manusia terutama adalah bermanfaat di bidang pembuatan keju jenis Camembert, Brie, Langres, Coulommiers dan Cambozola. Penicillium camemberti berperan terutama dalam hal ini adalah yang memberikan citarasa dan warna unik pada jenis keju-keju tersebut yang membedakannya dengan keju-keju jenis lain. Penicillium camemberti berfungsi untuk memberikan tekstur yang lembut dan tekstur yang menyerupai mentega (buttery).

Penicillium camemberti adalah suatu spesies jamur atau fungi yang tergolong dalam famili Trichocomaceae, ordo Euratiales, kelas Eurotiomycetes, dan divisi Ascomycota. Nama binomial secara lengkapnya adalah Penicillium camemberti Thom (1906). Penicillium camemberti berperan dalam hal pengolahan makanan terutama yang berbahan susu. Peranan Penicillium camemberti di bidang pengolahan makanan inilah yang membuat fungi tersebut bernilai ekonomi yang tinggi.

Fungi Penicillium camemberti ini pertama kali dideskripsikan oleh Dr. Charles Thom pada tahun 1906. Untai genome lengkap Penicillium camemberti telah dipublikasikan oleh Chessman dkk. pada tahun 2014.

Secara alami jamur Penicillium camemberti mampu menghasilkan toksin cyclopiazonic acid. Namun pada pengonsumsian keju yang mengandung Penicillium camemberti masih tergolong aman karena dosis kandungan toksin cyclopiazonic acid –nya masih tergolong sangat rendah yaitu kurang dari 4 mg (Le Bars, 1979). Dari sisi produksi keju yang mengandung Penicillium camemberti, tentunya produsen keju harus memperhatikan beberapa hal (Le Bars, 1979) berdasarkan interaksi antara strain Penicillium camemberti yang digunakan serta kondisi substrat pada kondisi fermentasi normal dan dalam kondisi penyimpanan keju pada rantai pemasaran hingga sampai ke konsumen. Le Bars (1979) juga menyarankan dalam produksi keju dengan pemilihan strain Penicillium camemberti yang digunakan memiliki karakteristik (1) tidak menghasilkan toksin, (2) tidak terpengaruh oleh peningkatan temperatur untuk mencegah kemungkinan terjadinya kesalahan penanganan pada proses yang terjadi pada jalur distribusi pemasaran dan juga oleh perilaku konsumen, (3) rendahnya kemungkinan terjadinya keracunan (low toxinogenesis rate).

Akhirnya sudah terjawab pertanyaan Penicillium camemberti untuk apa sih. Bila kita cermati lebih mendalam memang jamur atau fungi memiliki berbagai macam peran di kehidupan ini. Seperti yang telah dibahas di artikel idesehat.com sebelumnya yang berjudul 5 Manfaat Fungi Bagi Kesehatan Dan Dalam Bidang Farmasi mengenai manfaat fungi di bidang kesehatan, maka pada artikel ini membahas peran fungi sebagai pemberi citarasa, aroma, dan tekstur yang unik pada produk olahan susu berupa keju.

Seperti yang telah dibahas di atas, bahwa masih diperlukan penelitian-penelitian pengembangan untuk semakin membuka wawasan berkaitan dengan fungi Penicillium camemberti. Memang sampai saat ini pengonsumsian keju yang menggunakan Penicillium camemberti sebagai agen pengolah citarasa, tekstur dan aroma adalah bisa dibilang aman, namun dengan adanya penelitian tersebut tentunya akan semakin meningkatkan lebih jauh lagi jaminan keamanan pangan pada produk-produk olahan yang menggunakan fungi tersebut.

Jaminan keamanan pangan ini tentunya akan mendukung terciptanya jaminan kesehatan pada umat manusia. Selain itu penelitian-penelitian tersebut juga bisa menguak manfaat lainnya dari fungi Penicillium camemberti selain di bidang pengolahan pangan. Semoga ulasan ringkas ini bisa memberikan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah mengunjungi idesehat.com dan semoga kita selalu dalam kondisi sehat segar bugar serta penuh kebahagiaan.