Rahasia Manfaat Jeruk Purut Untuk Rambut Secara Ilmiah

Indonesia memiliki kekayaan alam berupa hewan, tumbuhan, dan bentang alam yang sangat banyak. Kekayaan alam tersebut perlu dimanfaatkan dan dilestarikan sehingga keberadaannya masih bisa berlangsung secara berkelanjutan. Salah satu tumbuhan asli Indonesia adalah jeruk purut (Citrus hystrix). Tumbuhan ini memiliki berbagai macam manfaat yang terus diungkap, diteliti dan dikaji oleh para peneliti.

Ternyata manfaat jeruk purut untuk rambut tidak bisa dianggap hanya sebagai isapan jempol belaka. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian Foo-trakul dan Watchiradatsatiean (2005) yang mengkaji khasiat jeruk purut bagi kesehatan kulit kepala tempat tumbuhnya rambut dan diterbitkan di jurnal Agriculture and Natural Resources (sebelumnya bernama Kasetsart Journal (Natural Science)).

Bahkan jauh sebelum penelitian Foo-trakul dan Watchiradatsatiean (2005) yaitu pada catatan Bonavia (1886) telah disebutkan bahwa jeruk purut juga telah ada di Sri Lanka karena dibawa serta oleh orang-orang Belanda serta pembantu-pembantu dari Malay mereka memanfaatkannya sebagai bahan untuk keramas rambut kepala mereka.

Kami juga menulis artikel yang berjudul 8 Manfaat dan Khasiat Jeruk Purut Secara Ilmiah, barangkali anda juga tertarik untuk membacanya.

manfaat jeruk purut untuk rambut, manfaat jeruk purut untuk rambut rontok, manfaat jeruk purut untuk rambut dan kulit kepala, manfaat jeruk purut buat rambut, khasiat jeruk purut untuk rambut kegunaan jeruk purut untuk rambut

Salah satu khasiat jeruk purut untuk rambut adalah sebagai anti-ketombe (anti-dandruff). Penelitian Foo-trakul dan Watchiradatsatiean (2005) menunjukkan bahwa bahan dari jeruk purut mampu menghambat (inhibit) pertumbuhan jamur Candida albicans penyebab ketombe pada kulit kepala. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa minyak jerut purut mampu menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans dengan ditunjukkan oleh adanya zona bening (clear zone) pada koloni Candida albicans yang ditumbuhkan di media agar pada cawan petri. Rata-rata diameter zona bening yang terbentuk adalah (dalam cm ± S.D) 2.7±0.30, 1.78±0.10, 1.35±0.07, 1.07±0.09, 0.87±0.06, 0.83±0.12 dengan konsenstrasi minyak jeruk purut berturut-turut (dalam %) 100, 50, 10, 5, 4, 1.

Mungkin anda tertarik untuk membaca tulisan kami lainnya yang berjudul Khasiat Jeruk Purut Untuk Jerawat Secara Ilmiah yang membahas potensi jeruk purut untuk mengatasi jerawat.

Ketersediaan bahan jeruk purut yang dibudidayakan oleh petani-petani di Indonesia merupakan suatu potensi besar untuk dimanfaatkan salah satunya dalam produksi sampo anti ketombe. Permasalahan yang sering terjadi adalah bahwa saat musim panen besar-besaran maka harga jeruk purut menurun drastis. Hal ini tentunya akan membawa permasalahan tersendiri bagi petani jeruk purut yaitu salah satunya adalah harga jual jeruk purut tidak menutup biaya perawatan.

Adanya kemampuan minyak jeruk purut dalam menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans bisa dimanfaat sebagai bahan tambahan dalam industri pembuatan sampo anti ketombe. Dengan demikian, potensi pengolahan jeruk purut menjadi minyak jeruk purut bisa dijadikan salah satu cara untuk mengatasi naik turunnya harga jeruk purut di pasaran. Misalnya daripada petani menjual secara langsung jeruk purutnya ke tengkulak, maka bisa dikembangkan suatu cara supaya petani bisa membuat semacam penyulingan minyak jeruk purut sendiri sehingga petani bisa menjual berupa minyak jerut purut yang harapannya harga jual minyak jeruk purut tidak terlalu fluktuatif (bersifat naik turun) seperti bila jeruk purut dijual biasa.

Selain itu bila jeruk purut sudah diolah menjadi minyak jeruk purut maka daya simpannya menjadi lebih lama jika dibandingkan dengan menyimpan buah jeruk purut yang hanya mampu bertahan sebentar kemudian busuk. Dengan kata lain, daya simpan yang bisa lebih lama dari suatu produk maka harapannya bisa membuat harga dari produk tersebut tidak terlalu fluktuatif secara ekstrim.

Bahkan bila sudah menjadi produk minyak esensial jeruk purut maka bisa dimanfaatkan bukan hanya pada kegunaan jeruk purut untuk rambut yaitu pada industri pembuatan sampo anti-ketombe saja, namun minyak jeruk purut juga akan bisa dimanfaatkan untuk industri-industri lainnya yang menggunakan minyak jeruk purut sebagai salah satu bahan bakunya.

Tentunya semuanya ini juga memerlukan langkah-langkah penelitian lebih lanjut mengenai pembuatan alat atau mesin penyuling minyak jeruk purut yang efisien dan bisa dioperasikan pada skala kecil, setidaknya masing-masing rumah petani jeruk purut memiliki alat atau mesin tersebut. Atau bila skala kecil kurang memungkinkan, maka bisa didirikan alat atau mesin penyuling tersebut secara kolektif, misalnya dikoordinir oleh Koperasi Unit Desa (KUD) untuk operasionalnya.

Gotongroyong pembuatan mesin atau alat untuk penyulingan bisa memberikan keringanan petani dari sisi modal yang harus dikeluarkan oleh mereka. Dengan kemauan dan tekat yang kuat maka kita yakin semua ini bisa terwujud dan terlaksana. Yakinlah bahwa itu semua akan tercapai. Mungkin sebagai awalan bisa mengambil prinsip-prinsip dasar dari alat penyulingan minyak nilam yang selama ini sudah banyak dioperasikan sendiri oleh para petani nilam. Bila itu bisa tercapai maka harapannya kesejahteraan petani jeruk purut akan terwujud.

Demikian tadi telah dibahas oleh idesehat.com mengenai manfaat jeruk purut untuk rambut dan bahkan dibahas juga potensinya untuk meningkatkan kesejahteraan petani jeruk melalui pengolahan jeruk purut lebih lanjut. Semoga tulisan ini mampu memberikan suatu pandangan yang lebih luas serta apresiasi terhadap jeruk purut yang mungkin selama ini hanya dikenal sebagai salah satu bahan penyedap makanan. Semoga anda semua selalu dalam kondisi sehat dan bisa melakukan aktivitas-aktivitas anda dengan hasil yang optimal. Salam hangat dari idesehat.com untuk anda semua.