Terapi Kanker: Penggunaan CRISPR/Cas9 Pada Manusia Untuk Pertama Kalinya

Seperti yang telah dibahas pada tulisan idesehat.com sebelumnya yang berjudul Terapi Kanker: Penggunaan CRISPR/Cas9 di Bidang Kesehatan mengenai penggunaan metode CRISPR/Cas9 di bidang kesehatan untuk terapi kanker yaitu bahwa Lu You (oncologist di rumah sakit Sichuan Cina) dan timnya pada tanggal 6 Juli 2016 telah mendapatkan ethical approval untuk melakukan trial klinis. Tulisan kali ini adalah up date dari tulisan tersebut.

Selanjutnya naturedotcom merilis berita bahwa pada tanggal 28 Oktober 2016 tim yang dipimpin Lu You melakukan injeksi sel-sel yang telah dimodifikasi dengan metode CRISPR/Cas9 ke dalam tubuh pasien yang menderita kanker paru-paru ganas (doi:10.1038/nature.2016.20988). Injeksi tersebut sebagai bagian dari clinical trial di Rumah Sakit China Barat (West China Hospital).

Dengan demikian maka kelompok peneliti dari Cina tersebut telah menjadi yang pertama dalam hal penyuntikan manusia dengan sel-sel mengandung gen-gen yang telah diedit dengan menggunakan metode CRISPR/Cas9.

Para peneliti tersebut mengambil sel-sel imun dari pasien, kemudian menonaktifkan suatu gen yang ada pada sel-sel tersebut dengan menggunakan metode CRISPR/Cas9. CRISPR/Cas9 adalah suatu sistem gabungan antara enzim pemotong DNA dan suatu pemandu molekuler yang bisa diarahkan untuk memberi tahu enzim pemotong DNA tersebut secara tepat memotong untai DNA pada bagian tertentu. Gen yang dinonaktifkan tersebut adalah gen yang mengkode protein PD-1 yang pada kondisi aktif akan menyebabkan terhentinya respon imun sel, dan kanker menggunakan kesempatan terhentinya respon imun sel tersebut untuk memperbanyak diri tanpa kontrol dari sistem imun tubuh manusia (naturedotcom, doi:10.1038/nature.2016.20988).

terapi kanker pdf, terapi kanker dengan singkong, radioterapi kanker, pengobatan kanker tradisional, terapi kanker, kemoterapi adalah

Seperti yang telah dirilis oleh naturedotcom (doi:10.1038/nature.2016.20988), Lu You dan timnya mengutamakan keamanan dari clinical trial tersebut. Lu You mengungkap bahwa tritmen tersebut berjalan lancar dan pasien peserta clinical trial akan mendapatkan suntikan yang kedua sel-sel yang gennya telah diedit dengan metode CRISRP/Cas9. Tim tersebut memiliki rencana untuk menterapi 10 pasien, masing-masing mereka akan mendapatkan dua, tiga, atau empat suntikan. Selanjutnya pasien akan di pantau terus-menerus selama enam bulan. Pengamatan secara terus menerus bertujuan untuk menentukan apakah suntikan yang telah dilakukan tersebut menyebabkan efek-efek yang berbahaya dan tidak diharapkan.

Penggunaan metode pengeditan gen dengan menggunakan CRISPR/Cas9 untuk terapi kanker ini cukup menarik untuk diikuti perkembangannya. Sejak diperkenalkannya metode CRISPR/Cas9 untuk mengedit gen, penelitian-penelitian dengan menggunakan metode CRISPR/Cas9 semakin berkembang dan banyak diterapkan pada hewan maupun tumbuhan. Penelitian oleh tim peneliti dari Cina tersebut merupakan yang pertama kali menggunakan metode CRISPR/Cas9 pada manusia. Oleh karena itu, hasil dari penelitian dari tim peneliti Cina tersebut perlu diperhatikan dan diikuti perkembangannya.

Terapi kanker cukup banyak macamnya dengan berbagai tingkat kemujaraban. Apabila terapi kanker dengan menggunakan metode CRISPR/Cas9 tersebut memberikan hasil yang memuaskan, maka tentunya akan memberikan satu lagi harapan bagi para penderita kanker di seantero dunia. Seiring berjalannya waktu tentunya berbagai macam jenis terapi kanker akan terus berkembang dan disempurnakan serta bisa jadi juga akan ditemukan metode terapi kanker baru.

Para ilmuwan akan terus mencari dan meniliti tanpa kenal lelah untuk menyempurnakan metode yang sudah ada maupun juga menemukan terapi kanker dengan metode baru. Metode pengeditan gen dengan CRISPR/Cas9 sendiri juga terus disempurnakan. Selain itu juga terus berlangsung penelitian dan pencarian metode mengedit gen dengan metode lainnya. Kesemuanya ini adalah untuk kesejahteraan umat manusia. Terimakasih sudah menyempatkan waktu berkunjung ke idesehat.com, semoga tulisan-tulisan kami bisa memberikan manfaat bagi anda.