Manfaat Minum Air Hangat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Artikel ini akan mengulas manfaat minum air hangat berdasarkan hasil penelitian Poonam M. Baride dkk. (2020) yang berjudul “BENEFITS OF WARM WATER“. Tujuan artikel ini adalah agar makin banyak orang yang mengenali manfaat meminum air hangat bagi kesehatan dan kecantikan.

Bagi sebagian orang, memulai pagi dengan secangkir kopi atau teh adalah kebiasaan yang hingga kini terus dilakukan. Dan sebagian lagi lebih cenderung meminum air putih hangat merupakan sebuah kebiasaan yang tepat.

Meminum air putih hangat jauh lebih bermanfaat metimbang kopi atau teh. Hal tersebut bukanlah ungkapan semata sebab sudah dibuktikan melakui penelitian. Namun untuk mengubah kebiasaan tersebut mungkin sedikit susah. Akan tetapi jika diiringi dengan niat yang kuat, maka siapa saja bisa melakukannya.

Menurut ilmu kesehatan Ayurveda, meminum air putih hangat secara rutin di pagi hari dapat mematu tubuh dalam melawan berbagai penyakit. Seperti meningkatkan kekuatan pencernaan, dan mengurangi limbah metabolisme yang dapat menumpuk di sistem kekebalan kita.

Bahkan Dokter pada umumnya lebih menyarankan meminum air hangat di pagi hari. Kita dapat menambahkan air perasan lemon yang kaya akan polifenol. Namun bagi kamu yang suka meminum air dingin, dianjurkan untuk tidak meminum dingin 20 menit sebelum makan.

Beberapa sumber menyatakan bahwa air hangat memiliki tindakan antipiretik. Dimana disebutkan air hangat dapat membantu pembersihan kandung kemih dan saluran vital, karminatif dan pencernaan. Menurut penelitian, air hangat dapat membantu mengurangi batuk (71%), dispnea (71%) dan obesitas (57%).

Dari beberapa informasi diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa air hangat memiliki khasiat obat selain sebagai minuman biasa. Tentunya kita semakin yakin meminum air hangat dapat memberikan berbagai manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Minum Air Hangat
Air Putih Hangat | Foto: dokumen pribadi

Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Bagi anda yang suka minum air putih hangat di pagi hari, anda sangat berunung. Sebab anda akan mendapatkan beberapa manfaat baik seperti berikut ini.

1. Menghangatkan Tubuh

Manfaat minum air hangat yang pertama yakni membantu menghangatkan tubuh. Air putih hangat dapat membuat tubuh kita tetap hangat di saat pagi yang dingin. Dengan begitu kita akan merasa lebih fit dan siap untuk menjalankan aktifitas berikutnya. Meminum air hangat di pagi hari ini juga membantu tubuh yang terhidrasi.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meminum lebih banyak air putih dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Jika kita pikir-pikir itu mungkin saja sebab air minum meningkatkan perasaan kenyang. Namun penelitian yang diterbitkan pada tahun 2003 memperkuat gagasan sebelumnya.

Peneliti menemukan bahwa minum 500 ml air sebelum makan meningkatkan metabolisme hingga 30 persen. Meningkatkan suhu air hingga 98,6 derajat menyumbang 40 persen peningkatan metabolisme. Peningkatan metabolisme ini berlangsung selama 30-40 menit, setelah konsumsi air.

Sebagai pendukung, anda bisa memadukan air hangat dan lemon. Paduan ini akan membantu memecah jaringan adiposa, atau lemak tubuh, di dalam tubuh dan juga mengontrol keinginan makan karena serat pektin lemon.

3. Mengobati Masuk Angin dan Meningkatkan Kesehatan Sinus

Air putih hangat dapat membuat perut lebih nyaman dan mengurangi rasa mual serta kembung. Selain itu air hangat dapat mengurangi tekanan yang disebabkan oleh pilek dan alergi hidung. Uap yang dihasilkan juga membantu membuka sumbatan pada sinus.

Dengan meminum air hangat, lendir yang menganggu dapat bergerak lebih cepat. Dengan kata lain meminum air putih hangat dapat mendorong batuk dan ingus menjadi lebih produktif.

4. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini adalah mimpi buruk yang paling buruk bagi wanita. Hal ini disebabkan oleh tumpukan racun dalam tubuh yang dapat menyebabkan penuaan lebih cepat. Namun penelitian menyatakan meminum air putih hangat dapat membantu membersihkan racun dari tubuh.

Air putih hangat juga dapat memperbaiki sel kulit untuk meningkatkan elastisitas. So ladies, mulai hari ini kamu harus rajin minum air hangat di pagi hari.

5. Meredakan Stres

Manfaat minum air hangat di pagi hari lainnya yakni dapat meredakan stres. Meminum segelas air hangat dapat membantu menenangkan pikiran, membantu mengelola stres dan kecemasan. Pernyataan tersebut diperkuat oleh studi yang menemukan bahwa konsumsi cairan panas, dapat menurunkan stres dan mengurangi perasaan cemas.

6. Detoksifikasi Tubuh

Para ahli kesehatan berpendapat bahwa air panas dapat mendetoksifikasi tubuh. Meminum air hangat dapat menaikkan suhu tubuh sehingga tubuh akan mengeluarkan keringat. Keringat yang keluar tersebut mengandung racun serta dapat membantu membersihkan pori-pori.

7. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat minum air hangat seanjutnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah. Air hangat bersifat vasodilator. Artinya dapat melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah meningkat. Saat Anda minum segelas air hangat, ini mengeluarkan racun yang beredar ke seluruh tubuh dan kemudian meningkatkan sirkulasi darah.

8. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Ketika tubuh kekurangan air, usus kecil akan menyerap sebagian besar air yang dikonsumsi melalui makanan dan minuman. Hal tersebut dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat lebih sulit buang air besar.

Dehidrasi kronis dapat menyebabkan sembelit kronis yang bisa membuat buang air besar terasa sakit. Gangguan ini bisa menyebabkan masalah lain seperti wasir dan kembung. Dengan meminum air hangat di pagi hari, akan membantu memecah makanan ini lebih cepat, membuatnya lebih mudah untuk dicerna. Ini mengurangi risiko sembelit dengan mendukung buang air besar secara teratur.

9. Meredakan Nyeri Akibat Kram Menstruasi

Rasa nyeri disaat menstruai bisa sangat menyakitkan bagi sebagian orang. Cara paling umum dilakukan untuk meredakan nyeri adalah menempelkan botol yang diisi air hangat. Namun studi menunjukkan bahwa meminum air hangat lebih efektif meredakan nyeri tersebut.

Menurut Healthline, air hangat dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan membantu mengendurkan otot yang kram serta meredakan sakit kepala.

10. Merangsang Rasa Lapar

Ahli gizi Anju Sood menyatakan bahwa meminum air hangat membuat tubuh harus bekerja lebih keras untuk menurunkan suhunya. Saat itulah sistem metabolisme dimulai yang memicu pikiran untuk menuntut makanan dan merangsang rasa lapar.

Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Tidak hanya di saat pagi, meminum air hangat sebelum tidur juga memberikan dampak baik bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat minum air hangat sebelum tidur yang penulis rangkum dari laman sehatq.com.

  1. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi
  2. Membuat tubuh rileks sehingga suasana hati lebih tenang
  3. Mengganti cairan tubuh setelah beraktivitas seharian penuh
  4. Membantu membersihkan racun dari dalam tubuh
  5. Menurunkan berat badan secara alami
  6. Membantu melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah jadi lancar
  7. Memberi perlawanan ekstra terhadap infeksi
  8. Memperbaiki sel-sel kulit yang rusak

Demikianlah tadi ulasan mengenai manfaat minum air hangat untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu sehingga menyadari akan manfaat tersebut. Terima kasih.

Sumber referensi > Jurnal penelitian Poonam M. Baride dkk. (2020) yang diterbitkan di World Journal of Pharmaceutical Research.

Leave a Comment