Menggali Potensi Manfaat Temulawak untuk Wajah

Artikel ini akan menggali informasi tentang manfaat temulawak untuk wajah. Silahkan baca artikel secara keseluruhan agar anda dapat memahaminya dengan baik.

Siapa sangka ternyata manfaat temulawak tidak hanya ada pada rimpangnya saja. Sebab bunganya juga berpotensi untuk dijadikan krim perawatan wajah. Penelitian terakhir menunjukkan tentang khasiat temulawak juga terdapat pada bagian bunganya. Kebanyakan orang hanya menggunakan rimpangnya untuk mendapatkan khasiat obat atau sebagai jamu tradisional. Namun kini selain rimpang maka ternyata bunga temulawak pun juga mempunyai manfaat dan khasiat yang luar biasa.

Dengan mengetahui manfaat bunga temulawak maka pemanfaatannya akan lebih optimal lagi. Selama ini bunganya hanya dibuang dan menjadi limbah saja. Namun dengan diketahuinya khasiatnya, maka saat ini bunganyapun bisa lebih diperhatikan dan diapresiasi serta dihargai sebagaimana juga rimpang temulawak.

Manfaat Temulawak untuk Wajah
Bunga Temulawak | Sumber: pixabay

Manfaat Temulawak untuk Wajah

Manfaat bunga temulawak sebagai bahan untuk perawatan kulit wajah ditunjukkan oleh khasiatnya sebagai obat jerawat (anti-acne) dan sebagai pemutih kulit. Dimana manfaat tersebut telah diungkapkan dalam penelitian Batubara dkk. (2015).

Sebagai Penghilang Jerawat (anti-acne) dan Pemutih Wajah

Propionibacterium acnes merupakan bakteri yang hidup di kulit manusia dan berperan terhadap terjadinya proses peradangan pada proses terbentuknya jerawat. Enzim lipase yang dihasilkan oleh bakteri Propionibacterium acnes juga terlibat dalam proses terbentuknya jerawat. Penghambatan aktivitas-aktivitas enzim lipase dapat menurunkan peradangan selama proses terbentuknya jerawat.

Tyrosinase merupakan enzim yang berperan dalam pengubahan L-tyrosine menjadi DOPA dan juga mengubah DOPA menjadi DOPA quinone. Sehingga dengan menghambat aktivitas enzim tyrosinase maka pembentukan melanin yang bertanggungjawab terhadap warna kulit dapat dihambat (Batubara dkk., 2015).

Batubara dkk. (2015) menentukan potensi anti jerawat (anti-acne) dengan menguji kemampuan ekstrak bunga temulawak sebagai antioksidan dengan menggunakan metode diphenylpicryl hydrazyl (DPPH), antibakteri terhadap bakteri Propionibacterium acnes dan aktivitas penghambatan enzim lipase pada bakteri Propionicaterium acnes. Sedangkan potensi ekstrak bunga temulawak sebagai pemutih kulit ditentukan oleh aktivitas penghambatan enzim tyrosinase (monophenolase dan diphenolase).

Hasil penelitian Batubara dkk. (2015) menunjukkan bahwa ekstrak metanol (MeOH) bunga kering temulawak merupakan antioksidan yang cukup bagus. Sedangkan ekstrak ethyl acetate (EtOAc) bunga kering temulawak mempunyai aktivitas yang cukup ampuh dalam proses penghambatan tyrosinase dan lipase. Batubara dkk. (2015) menyatakan bahwa alpha-curcumene yagn ada pada minyak esensial bunga temulawak yang berperan dalam penghambatan aktivitas enzim lipase sedangkan xanthorizol adalah yang berperan dalam penghambatan pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes.

Penutup

Demikan tadi telah diungkap manfaat temulawak untuk wajah terutama pada bagian bunganya untuk temulawak cream. Pemanfaatan bunga temulawak sebagai bahan kosmetika (temulawak cream) tentunya akan memberikan dampak-dampak yang positif. Pertama, dari segi optimalisasi produk pertanian pemanfaatan bunga temulawak ini tentunya memberikan nilai tambah tersendiri pada bunga temulawak yang selama ini dibuang dan menjadi limbah pertanian saja.

Kedua, penggunaan kosmetika dengan menggunakan bahan dasar bunga temulawak ini akan memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi konsumen. Karena bunga temulawak merupakan bahan alami dari tumbuhan yang terbukti tidak mempunyai efek samping. Lebih lanjut lagi, penggunaan bunga temulawak dalam produk-produk kosmetik akan memberikan efek diterimanya oleh pasar yang disebabkan oleh tren gaya hidup kembali ke alam (back to nature) yang terus berkembang.

Terimakasih anda sudah mengunjungi idesehat.com. Semoga tulisan mengenai manfaat temulwak untuk pencegah jerawat dan pemutih kulit ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada anda. Dengan demikian maka artikel ini harapannnya bisa lebih meningkatkan apresiasi pembaca sekalian terhadap temulawak. Salam sehat dan sukses selalu.

Mengenai manfaat-manfaat lainnya dari temu lawak bisa anda simak pada tulisan idesehat.com yang berjudul: Manfaat Temulawak Dalam Berbagai Penelitian.

4 thoughts on “Menggali Potensi Manfaat Temulawak untuk Wajah”

Leave a Comment