Ngopi yuk! Karena Kopi bisa Meningkatkan Mood Kamu!

Kamu lagi bad mood? Yuk ngopi bareng karena minum kopi bisa meningkatkan mood kamu lho.

Kenapa saya menawarkan kopi untuk mengusir bad mood ataupun rasa bosan pada diri kamu? Berdasarkan hasil penelitian Solikatun dkk. (2015) ternyata kopi bisa meningkatkan mood seseorang.

Mengonsumsi kopi adalah suatu hal untuk mendapatkan ketenangan ketenangan diri yang dapat merubah suasana hati atau mood. Kopi mengandung kafein yang berperan sebagai stimulan psikoaktif atau penstimulasi.

Kandungan kafeinnya akan menghambat kinerja eseptor adenosin yang merupakan penyebab rasa kantuk. Proses tersebut akan meningkatkan hormon dopamin yang menstimulasi sensasi kesenangan, emosi, gerakan, dan rasa sakit.

Kalau kita pikir-pikir ada benarnya juga bahwa kopi dapat meningkat mood. Kamu bisa memperhatikan mereka yang lagi asik nongkrong sambil minum kopi dapat tertawa lepas.

Ngopi di warung | Foto: minumkopi.com

Misalnya saja di warung kopi dekat rumah kamu. Bapak-bapak yang minum kopi terlihat begitu bahagia dan terkadang tertawa bersama.

Bahkan bagi mereka pacandu kopi akan merasa ada yang kurang jika tidak minum kopi dalam sehari. Mereka akan merasa tidak fokus, lemas, mengantuk gampang marah.

Kopi bisa Meningkatkan Mood Saya

Saya sendiri juga salah seorang penikmat kopi. Jika tidak minum kopi dalam sehari, rasanya seperti kehilangan semangat dan bahkan sakit kepala.

Namun ketika meminum kopi, saya dapat merasakan sesuatu perasaan yang senang dan tenang. Jadi bisa dibenarkan bahwa kopi dapat meningkatkan mood kita.

Nah, bagi kamu yang belum pernah atau jarang minum kopi, disarankan untuk tidak minum kopi secara berlebihan. Cukup minum 2 cangkir sehari agar mood kamu bisa kembali meningkat.

Kamu dapat meminum kopi pada pagi dan siang hari agar aktivitas kamu bisa berjalan dengan baik. Jadi selama menjalankan aktivitas, kamu tidak akan merasa mengantuk.

Selain itu perhatikan juga dosis gula yang kamu gunakan agar tidak menimbulkan masalah buruk bagi kesehatan kamu. Kalau kamu suka kopi yang pahit, itu akan lebih baik.

Selain dapat meningkatkan mood, kopi juga memiliki manfaat lainnya seperti berikut.

  1. Sebagai anti stres dan depresi
  2. Meningkatkan daya ingat
  3. Mencegah Alzheimer (penurunan fungsi otak)
  4. Membantu menurunkan berat badan
  5. Mencegah risiko diabetes tipe 2.

Simak juga: 5 Manfaat Kopi Berdasarkan Hasil Peneltian Ilmiah

Waspadai juga Efek Samping Kopi

Perlu kamu ketahu bahwa segala sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan efek samping. Begitu juga dengan meminum kopi.

Oleh karena itu disarankan untuk meminum kopi sewajarnya saja (2 – 3 cangkir sehari). Sebab jika berlebihan, maka akan menimbulkan efek samping yang disebut caffeinism.

Apalagi bagi kamu yang memiliki gangguan lambung seperti maag dan asam lambung. Sebab kandungan kafein dan asam yang tinggi pada kopi dapat berdampak buruk bagi kamu.

Asam klorogenik dan kafein pada kopi akan merangsang produksi asam lambung. Oleh karena disarankan bagi kamu yang memiliki gangguan lambung untuk tidak mengonsumsi kopi.

Leave a Comment